• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by cullend - - 0 komentar

Hari raya idul adha adalah hari raya kedua setelah hari raya idul fitri.idul adha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijah…..menurut saya hari raya idul adha adalah dimana semua orang mengeluarkan hewan kurban pada hari itu,,hewan kurban bisa berupa sapi,kambing,kerbau dan unta.daging hewan kurban tersebut kemudian dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan disekeliling kita.hal ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan kita terhadap sesama.

Kalau pada hari raya idul fitri,saya dan keluarga berkeliling disekitar rumah untuk saling bersilaturahim.banyak makanan yang disediakan dirumah untuk para tamu,,dan setelah itu biasanya saya dan keluarga berkunjung kerumah saudara..eits…malah cerita hari raya idul fitri yah??jadi lupa ma cerita awal.sebelum hari raya idul adha saya ikut melaksanakan puasa 2 hari sebelumnya,yaitu puasa arafah dan tarwiyah.berikut ini adalah awal kegiatan saya di hari raya idul adha.

Pada pagi harinya,,seperti saat hari raya idul fitri saya dan keluarga melaksanakan sholat ied di mushola samping rumah,tapi biasanya saya melaksanakan sholat ied di sekolah.sebelum brangkat sholad ied,,,ibuku bangun pagi-pagi untuk menyiapkan makanan yang akan dibawa ke mushola dan begitu pula dengan orang-orang lainya.makanan tersebut akan dihidangkan setelah selesai sholat ied.setelah pulang dari sholat ied saya melihat orang’’ yang sedang sibuk mempersiapkan segala sesuatunya yang akan digunakan untuk menyembelih hewan kurban.sebenarnya engak tega juga liat hewan disembelih,,,,,hihihi!!! Tapi malah jadi penasaran aja.biasanya ibuku juga ikut bantu’’ untuk membagi-bagikan daging hewan kurban pada orang’’.dan biasanya juga saya dikasih daging kurban dari musholla sebelah lho….dan ayahku juga dapat daging kurban dari tempat bekerjanya.pada hari raya idul adha menu makanan nya pun berubah menjadi serba daging,,,wooww!bakal menambah selera makan …..

Selain kegiatanku dihari raya idul adha saat dirumah,,biasanya saya juga memperingati idul adha disekolah . malamnya saya dan anak-anak osis mpk mengikuti takbir keliling kota bojonegoro,dan setelah itu kami mempersiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan sholat ied bersama disekolah yang letaknya dilapangan basket.keesokan harinya saya dan anak-anak lainya melaksanakan sholat ied dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang diadakan disekolah.para bapak ibu guru pun juga ikut membantu saat pemotongan dan pembagian daging kepada orang-orang yang membutuhkan.kegiatan ini akan berjalan lancar apabila dilaksanakan dengan sabar dan senang hati.

Leave a Reply